Skip to main content

Beli Bahan Tekstil dan Jasa Jahit di Bandung

Acara wisuda akan dilaksanakan pada Juli 2012 dan untuk acara tersebut saya memerlukan jas. Saya langsung googling untuk mencari tempat yang menjual jas. Sebelumnya saya sempat berpikir untuk menyewa jas saja namun karena tampaknya jas akan cukup penting nantinya dan harga penyewaan yang umumnya tidak murah maka saya memutuskan membeli. Saya mencari tempat yang menjual jas yang murah di Bandung. Hasilnya beberapa artikel menyebutkan Pasar Baru Bandung menjual berbagai bahan tekstil dan pakaian termasuk jas. Saya langsung membuka Google Maps dan mencari lokasi Pasar Baru Bandung. Berikut adalah lokasi Pasar Baru Bandung.


View Pasar Baru Bandung in a larger map

Setelah mengetahui lokasi tersebut, saya memutuskan pergi sendiri ke Pasar Baru Bandung. Tidak lupa saya menyiapkan GPS berhubung sangat lemah soal arah jalan. Alhasil, setelah sampai di dekat jembatan, sebelum jalan Suniaraja saya sempat mengambil arah yang salah dan akhirnya berputar-putar di daerah sekitar Pasar Baru (Jalan Stasiun, Braga, ABC, dll) untuk beberapa lama. Setelah merasa pasrah, tiba-tiba saya melihat sebuah papan bertuliskan "Parkir, Pasar Baru". Alhamdulillah.
Saya pikir Pasar Baru Bandung isinya bermacam-macam seperti pasar swalayan biasa. Namun ternyata isinya adalah berbagai toko tekstil dan pakaian serta beberapa toko perhiasan mulai dari lantai bawah sampai yang paling atas. Saya langsung mencari toko yang memajang manekin berpakaian jas. Saya memilih satu toko yang terlihat cukup besar. Saya bertanya kepada pelayan toko tersebut tentang pembuatan jas. Pelayan tersebut menyampaikan bahwa untuk pembuatan jas (pembelian bahan dan jasa jahit) untuk bahan yang biasa untuk satu setel (jas dan celana) adalah 800 ribu rupiah. Pembuatan jas bisa dilakukan dalam waktu satu hari. Setelah itu saya jalan-jalan di dalam Pasar Baru sambil melihat-lihat barang-barang yang ada di sana. 
Saya memutuskan untuk membeli jas beberapa hari kemudian saja karena ternyata pembuatan jas dapat berlangsung cepat dan masih mau mencari tempat-tempat lain yang mungkin harganya dapat lebih murah.
Beberapa hari kemudian saya mendapat kabar dari teman saya, yang kebetulan juga mencari tempat yang menjual jas. Dia menyarankan satu tempat lain yang menjual jas yang harganya dapat lebih murah yaitu di Dalem Kaum Plasa. Lokasinya tidak jauh dari Pasar Baru Bandung, yaitu di jalan Kapatihan. Untuk ke toko tekstilnya sebaiknya lewat jalan Kapatihan bukan jalan Dalem Kaum.


View Dalem Kaum Plasa in a larger map

Esok siangnya, saya pergi ke tempat tersebut. Pintu masuk ke bagian toko-toko tekstil ada di bagian depan gedung lantai basement. Kami memutuskan ke toko yang tempatnya ada di bagian ujung lorong sesuai saran dari teman yang mengatakan harga di tempat tersebut lebih murah. Pelayan toko tersebut langsung menunjukkan berbagai jenis bahan untuk membuat jas. Koleksi bahan di sana cukup lengkap. Harga bahan bervariasi ada yang 140 ribu per meter hingga yang di atas 200 ribu per meter. Setelah menanyakan harga, ternyata total harga pembuatan jas adalah 800 ribu juga. Bahan untuk satu setel jas adalah 3 meter (~400 ribu) dan jasa menjahit 400 ribu. Setelah itu kami memutuskan untuk melihat-lihat lagi toko yang lain di Pasar Baru.

Kami mengunjungi beberapa toko di Pasar Baru Bandung. Berdasar hasil survei kami, harga pembuatan satu setel jas berkisar 800 ribu - 1 juta untuk bahan yang biasa. Jahitan jas di toko-toko yang ada di Pasar Baru cukup bagus. Beberapa toko menawarkan bahan yang harganya cukup mahal (hingga 750 ribu untuk 3 meter bahan). Beberapa toko menawarkan jasa menjahitnya yang mahal (hingga 600 ribu). Namun karena kami lupa memeriksa jahitan yang ada di toko yang berada di Dalem Kaum Plasa maka kami memutuskan untuk kembali ke Dalem Kaum Plasa besoknya.

Hari sabtu, Gest dan saya pergi ke toko yang kemarin dikunjungi di Dalem Kaum Plasa. Kami mengecek jahitan jas di toko tersebut dan menurut kami jahitannya bagus juga. Kami memilih bahan di toko tersebut. Toko tersebut hanya menjual bahan sedangkan untuk menjahit terpisah di toko yang ada di depannya (Willy Style Tailor). Harga bahan yang saya beli seharga 400 ribu untuk 3 meter dengan warna abu-abu kehitaman. Gest memilih warna hitam polos. Saran dari penjual bahan sebaiknya tidak menggunakan bahan lokal yang murah (80 ribu per meter) yang dijual di toko tersebut jika ingin membuat jas karena bahan tersebut jika terkena debu mudah meninggalkan bekas yang terlihat.

Hasil jas yang telah selesai dibuat, saya post pada postingan lain di sini.

Comments

  1. Saya juga pernah ke dalem kaum, tapi beli bahan aja, untuk jahit saya biasa di arya tailor di jl. merdeka :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jalan Merdeka di mananya, gan? Harganya lebih murah, ya?

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Rangkaian Sensor Infrared dengan Photo Dioda

Keunggulan photodioda dibandingkan LDR adalah photodioda lebih tidak rentan terhadap noise karena hanya menerima sinar infrared, sedangkan LDR menerima seluruh cahaya yang ada termasuk infrared. Rangkaian yang akan kita gunakan adalah seperti gambar di bawah ini. Pada saat intensitas Infrared yang diterima Photodiode besar maka tahanan Photodiode menjadi kecil, sedangkan jika intensitas Infrared yang diterima Photodiode kecil maka tahanan yang dimiliki photodiode besar. Jika  tahanan photodiode kecil  maka tegangan  V- akan kecil . Misal tahanan photodiode mengecil menjadi 10kOhm. Maka dengan teorema pembagi tegangan: V- = Rrx/(Rrx + R2) x Vcc V- = 10 / (10+10) x Vcc V- = (1/2) x 5 Volt V- = 2.5 Volt Sedangkan jika  tahanan photodiode besar  maka tegangan  V- akan besar  (mendekati nilai Vcc). Misal tahanan photodiode menjadi 150kOhm. Maka dengan teorema pembagi tegangan: V- = Rrx/(Rrx + R2) x Vcc V- = 150 / (150+10) x Vcc V- = (150/160) x 5

Kerusakan pada Motherboard

1. Sering terjadi hang memory tidak cocok --- ganti memory ada virus di harddisk --- scan harddisk over clock --- seting kembali clock prosesor ada bad sector di harddisk --- partisi harddisk dengan benar 2. Pembacaan data menjadi lambat memori tidak cukup --- tambah memori harddisk penuh atau ada virus --- kurangi isi harddisk, scan harddisk, atau ganti hardisk 3. CMOS failure baterai habis --- ganti baterai CMOS seting BIOS berubah --- seting kembali BIOS 4. Tidak bisa booting cache memory rusak --- disable eksternal cache memory di BIOS memori tidak cocok --- ganti memori boot sector pada harddisk rusak --- masukkan operating system baru ada bad sector pada trek awal harddisk --- partisi harddisk 5. Suara bip panjang berkali-kali memori rusak --- periksa kedudukan memori memori tidak cocok --- ganti memori memori tidak masuk slot dengan sempurna --- periksa kembali kedudukan memori 6. Suara bip bagus tetapi tidak ada tampilan / bip dua kali VGA card

Raspberry Pi Bluetooth Connection

Raspberry Pi 3 provides a built-in Bluetooth module. The latest Raspbian has been bundled with tools for enabling Bluetooth connection. The Bluetooth icon will be shown up on the top right corner of the desktop. It's a tool to discover available Bluetooth devices and connect Pi with Bluetooth devices. It is easy to connect any Bluetooth-enabled electronic device with Pi. But, sometimes Pi will fail to connect, especially for Bluetooth device that has no standardized services. From a terminal, we can use the  bluetoothctl tool to scan and connect with a Bluetooth device. You should make sure that the BlueZ protocol stack has been installed by running $ apt-get install bluez Run bluetoothctl to enter the tool command window Turn the power on by running power on (Optional) You can set AutoEnable=true in /etc/bluetooth/main.conf if you want to make the Bluetooth auto power-on after reboot. Run devices to see which devices have been paired Run scan on if your desired d

How To Use Git in Netbeans

Git is a popular version control application nowadays. Recently I have created a note about its differences with SVN and how to use it in Eclipse . There are many Git client tools. But I just want to show how to use Netbeans built-in Git tools. It makes the development process easier because it has been integrated with the IDE. Create Remote Git Repository We need a remote Git repository so everyone can store or receive any revision or updated files through the networks. We can set up our own Git server or use a public Git server like Github . In this note, I use Github. 1. Create an account in Github and create an empty Git repository Create an empty public repository in Github 2. Get the remote repository link Your Github Repository URL Create a New Project in Netbeans and Create Local Git Repository After we have a remote Git repository, we can create a project stored in the remote repository. We also need to create a local repository before we can push

I Love Books

I like reading books since I was a kid. Thanks to my parents that let me bought any books and embraced me to read. Bookstore becomes one of my favorite places. I like to learn any topics, not only about science or IT stuffs. For me, reading a book isn't always intended to have possession in the topic, but it's for my personal pleasure and building an insight of something. some of them There're many things around us that we don't understand really well. If we try to figure it out by ourselves, we will waste most of our precious time. So, it's better to learn from the expert who has studied it well and then considering it with our common sense and logic. I grow up, many affairs had occurred, and shit happens. I realize that I have forgotten a lot of things. I likely tend to be aware of fewer things. So let me open a cupboard full of books which I've collected since a long time ago.