Skip to main content

Berdoa


Sebagai orang beriman tentu berdoa menjadi 'pekerjaan' rutin bagi kita. Lalu apa saja yang kita baca dalam doa? Atau permohonan apa saja yang dapat kita panjatkan?

Pernahkah Anda berdoa secara khusus kepada Allah sehubungan dengan kepentingan yang mendesak? Bagaimana pengalaman Anda selama ini; berapakah persentase doa Anda yang makbul? Memang, di samping membaca Al-Quran, berdoa dan memohon ampun kepada Allah merupakan suatu amalan yang sangat dianjurkan tertuma dalam bulan suci Ramadhan.

Berdoa selain merupakan salah satu ibadat yang dipujikan, adalah sarana kita untuk memohon sesuatu kepada Tuhan Yang Maha Memiliki dan Maha Pemurah. Allah berfirman, "Berdoalah kamu kepada-Ku, maka Aku akan mengabulkan untukmu"(QS 40:60). Berdoa secara langsung atau tidak, juga bisa berarti pengakuan hamba akan kelemahannya dihadapan Tuhan penciptanya.

Kalau dikalangan sufi banyak yang menolak berdoa karena bagi mereka, berdoa sama saja dengan meragukan pengetahuan Tuhan terhadap hajat dan aspirasi hamba-hamba-Nya. Bagi kita berdoa justru merupakan tradisi misal yang luar biasa. Boleh jadi karena umumnya kita ini banyak mempunyai kepentingan dan keinginan sedangkan tangan kita untuk meraihnya terbatas, berdoa lalu menjadi amalan ibadat favorit. Apalagi pada zaman yang tidak semakin menjanjikan terpuasinya aspirasi ini. Lihatlah, di mana-mana orang berdoa. Tidak hanya sendiri-sendiri. Seringkali beramai-ramai seperti 'mendemonstrasi' Tuhan saja. Mulai dari memohon hujan; memohon selamat dari banjir dan bencana alam lainnya; memohon kemenangan tim olahraga yang kurang latihan; memohon agar jagonya jadi lagi; hingga ber-istighatsah memohon agar organisasinya tidak digoyang OTB, organisasi tanpa bentuk.

Pertanyaan penting yang sering mengusik kemudian adalah: kita sudah berdoa sekian lama minta ini minta itu untuk diri kita, namun sepertinya tidak ada tanda-tanda doa kita dikabulkan Nya? Bahkan kita sudah berdoa di saat-saat suci, ketika berpuasa, seperti sekarang ini dan tampaknya doa kita hanya seperti angin lalu saja.

Apakah etika berdoa kita yang belum benar sehingga Allah belum berkenan mendengarkan doa kita, atau bagaimana? Atau seperti kata ulama yang cukup menghibur itu: setiap doa pasti dikabulkan, hanya kapan dan berupa apa hanya Allah sendiri yang menentukan dan mengetahui-Nya. Wallahualam.

Orang-orang basrah (Irak) tempo dulu pernah mengajukan pertanyaan seperti itu kepada zahid mereka yang terkenal, Ibrahim bin Adham (hidup sekitar abad VIII Masehi) dan apa jawabannya? Tokoh itu menjawab, "Itu disebabkan karena hati kalian mati dalam 10 hal:
  1. Kalian mengenal Allah tetapi tidak menunaikan hak-hak-Nya
  2. Kalian membaca kitab Allah tetapi tidak mengamalkannya
  3. Kalian mengaku mencintai Rasulullah SAW tetapi tidak mengikuti sunahnya
  4. Kalian mengaku membenci setan tetapi selalu menyetujuinya
  5. Kalian yakin mati itu pasti tetapi tak pernah mempersiapkannya
  6. Kalian bilang takut neraka tetapi membiarkan diri kalian ke sana
  7. Kalian bilang mendambakan surga tetapi tak pernah beramal untuknya
  8. Kalian sibuk dengan aib-aib orang lain dan mengabaikan aib-aib kalian sendiri
  9. Kalian menikmati anugrah-anugrah Tuhan tetapi tidak mensyukurinya
  10. Kalian setiap kali mengubur jenazah-jenazah tetapi tidak pernah mengambil pelajaran darinya"
Nah, apakah jawaban Ibrahim bin Adham ini ada gunanya buat Anda yang suka berdoa?

Comments

Popular posts from this blog

Kerusakan pada Motherboard

1. Sering terjadi hang memory tidak cocok --- ganti memory ada virus di harddisk --- scan harddisk over clock --- seting kembali clock prosesor ada bad sector di harddisk --- partisi harddisk dengan benar 2. Pembacaan data menjadi lambat memori tidak cukup --- tambah memori harddisk penuh atau ada virus --- kurangi isi harddisk, scan harddisk, atau ganti hardisk 3. CMOS failure baterai habis --- ganti baterai CMOS seting BIOS berubah --- seting kembali BIOS 4. Tidak bisa booting cache memory rusak --- disable eksternal cache memory di BIOS memori tidak cocok --- ganti memori boot sector pada harddisk rusak --- masukkan operating system baru ada bad sector pada trek awal harddisk --- partisi harddisk 5. Suara bip panjang berkali-kali memori rusak --- periksa kedudukan memori memori tidak cocok --- ganti memori memori tidak masuk slot dengan sempurna --- periksa kembali kedudukan memori 6. Suara bip bagus tetapi tidak ada tampilan / bip dua kali VGA card

Rangkaian Sensor Infrared dengan Photo Dioda

Keunggulan photodioda dibandingkan LDR adalah photodioda lebih tidak rentan terhadap noise karena hanya menerima sinar infrared, sedangkan LDR menerima seluruh cahaya yang ada termasuk infrared. Rangkaian yang akan kita gunakan adalah seperti gambar di bawah ini. Pada saat intensitas Infrared yang diterima Photodiode besar maka tahanan Photodiode menjadi kecil, sedangkan jika intensitas Infrared yang diterima Photodiode kecil maka tahanan yang dimiliki photodiode besar. Jika  tahanan photodiode kecil  maka tegangan  V- akan kecil . Misal tahanan photodiode mengecil menjadi 10kOhm. Maka dengan teorema pembagi tegangan: V- = Rrx/(Rrx + R2) x Vcc V- = 10 / (10+10) x Vcc V- = (1/2) x 5 Volt V- = 2.5 Volt Sedangkan jika  tahanan photodiode besar  maka tegangan  V- akan besar  (mendekati nilai Vcc). Misal tahanan photodiode menjadi 150kOhm. Maka dengan teorema pembagi tegangan: V- = Rrx/(Rrx + R2) x Vcc V- = 150 / (150+10) x Vcc V- = (150/160) x 5

Itachi Uchiha

The Real Hero of Konoha

Refund Tiket Kereta Api

Pada Desember 2013 saya telah berencana untuk pergi ke Kebumen dari Bandung menggunakan kereta api. Namun karena ada tugas yang mendesak maka saya membatalkan rencana tersebut. Tiket saya beli secara online. Pada waktu itu peraturan pembatalan pembelian tiket adalah 1 jam sebelum keberangkatan. Saya mengajukan pembatalan pada satu hari sebelum keberangkatan. Langkah-langkah pengajuan refund adalah seperti berikut. Jika Anda membeli tiket secara online, cetaklah tiket Anda terlebih dahulu di stasiun. Untuk stasiun Bandung lokasi pencetakan tiket di dekat loket Costumer Service. Pencetakan dilakukan sendiri (self service) menggunakan perangkat komputer yang disediakan dengan memasukkan kode booking pada aplikasi yang ada. Setelah itu Anda dapat bertanya pada petugas di mana loket untuk pengajuan refund. Untuk stasiun Bandung loket untuk pengajuan refund saat itu berada di loket terakhir yaitu loket 9.  Setelah menunjukkan tiket maka kita diminta mengisi formulir pengajuan pembatalan.

Setting Up Next.js Project With ESLint, Typescript, and AirBnB Configuration

If we initiate a Next.js project using the  create-next-app tool, our project will be included with ESLint configuration that we can apply using yarn run lint . By default, the tool installs eslint-config-next and extends next/core-web-vitals in the ESLint configuration. The Next.js configuration has been integrated with linting rules for React and several other libraries and tools. yarn create next-app --typescript For additional configuration such as AirBnB, it is also possible. First, we need to install the peer dependencies of eslint-config-airbnb . We also add support for Typescript using eslint-config-airbnb-typescript . yarn add --dev eslint-config-airbnb eslint-plugin-import eslint-plugin-jsx-a11y eslint-plugin-react eslint-plugin-react-hooks yarn add --dev eslint-config-airbnb-typescript @typescript-eslint/eslint-plugin @typescript-eslint/parser After that, we can update the .eslintrc.json file for the new configuration. { "extends": [ "airb

Raspberry Pi Bluetooth Connection

Raspberry Pi 3 provides a built-in Bluetooth module. The latest Raspbian has been bundled with tools for enabling Bluetooth connection. The Bluetooth icon will be shown up on the top right corner of the desktop. It's a tool to discover available Bluetooth devices and connect Pi with Bluetooth devices. It is easy to connect any Bluetooth-enabled electronic device with Pi. But, sometimes Pi will fail to connect, especially for Bluetooth device that has no standardized services. From a terminal, we can use the  bluetoothctl tool to scan and connect with a Bluetooth device. You should make sure that the BlueZ protocol stack has been installed by running $ apt-get install bluez Run bluetoothctl to enter the tool command window Turn the power on by running power on (Optional) You can set AutoEnable=true in /etc/bluetooth/main.conf if you want to make the Bluetooth auto power-on after reboot. Run devices to see which devices have been paired Run scan on if your desired d