Skip to main content

Berdoa


Sebagai orang beriman tentu berdoa menjadi 'pekerjaan' rutin bagi kita. Lalu apa saja yang kita baca dalam doa? Atau permohonan apa saja yang dapat kita panjatkan?

Pernahkah Anda berdoa secara khusus kepada Allah sehubungan dengan kepentingan yang mendesak? Bagaimana pengalaman Anda selama ini; berapakah persentase doa Anda yang makbul? Memang, di samping membaca Al-Quran, berdoa dan memohon ampun kepada Allah merupakan suatu amalan yang sangat dianjurkan tertuma dalam bulan suci Ramadhan.

Berdoa selain merupakan salah satu ibadat yang dipujikan, adalah sarana kita untuk memohon sesuatu kepada Tuhan Yang Maha Memiliki dan Maha Pemurah. Allah berfirman, "Berdoalah kamu kepada-Ku, maka Aku akan mengabulkan untukmu"(QS 40:60). Berdoa secara langsung atau tidak, juga bisa berarti pengakuan hamba akan kelemahannya dihadapan Tuhan penciptanya.

Kalau dikalangan sufi banyak yang menolak berdoa karena bagi mereka, berdoa sama saja dengan meragukan pengetahuan Tuhan terhadap hajat dan aspirasi hamba-hamba-Nya. Bagi kita berdoa justru merupakan tradisi misal yang luar biasa. Boleh jadi karena umumnya kita ini banyak mempunyai kepentingan dan keinginan sedangkan tangan kita untuk meraihnya terbatas, berdoa lalu menjadi amalan ibadat favorit. Apalagi pada zaman yang tidak semakin menjanjikan terpuasinya aspirasi ini. Lihatlah, di mana-mana orang berdoa. Tidak hanya sendiri-sendiri. Seringkali beramai-ramai seperti 'mendemonstrasi' Tuhan saja. Mulai dari memohon hujan; memohon selamat dari banjir dan bencana alam lainnya; memohon kemenangan tim olahraga yang kurang latihan; memohon agar jagonya jadi lagi; hingga ber-istighatsah memohon agar organisasinya tidak digoyang OTB, organisasi tanpa bentuk.

Pertanyaan penting yang sering mengusik kemudian adalah: kita sudah berdoa sekian lama minta ini minta itu untuk diri kita, namun sepertinya tidak ada tanda-tanda doa kita dikabulkan Nya? Bahkan kita sudah berdoa di saat-saat suci, ketika berpuasa, seperti sekarang ini dan tampaknya doa kita hanya seperti angin lalu saja.

Apakah etika berdoa kita yang belum benar sehingga Allah belum berkenan mendengarkan doa kita, atau bagaimana? Atau seperti kata ulama yang cukup menghibur itu: setiap doa pasti dikabulkan, hanya kapan dan berupa apa hanya Allah sendiri yang menentukan dan mengetahui-Nya. Wallahualam.

Orang-orang basrah (Irak) tempo dulu pernah mengajukan pertanyaan seperti itu kepada zahid mereka yang terkenal, Ibrahim bin Adham (hidup sekitar abad VIII Masehi) dan apa jawabannya? Tokoh itu menjawab, "Itu disebabkan karena hati kalian mati dalam 10 hal:
  1. Kalian mengenal Allah tetapi tidak menunaikan hak-hak-Nya
  2. Kalian membaca kitab Allah tetapi tidak mengamalkannya
  3. Kalian mengaku mencintai Rasulullah SAW tetapi tidak mengikuti sunahnya
  4. Kalian mengaku membenci setan tetapi selalu menyetujuinya
  5. Kalian yakin mati itu pasti tetapi tak pernah mempersiapkannya
  6. Kalian bilang takut neraka tetapi membiarkan diri kalian ke sana
  7. Kalian bilang mendambakan surga tetapi tak pernah beramal untuknya
  8. Kalian sibuk dengan aib-aib orang lain dan mengabaikan aib-aib kalian sendiri
  9. Kalian menikmati anugrah-anugrah Tuhan tetapi tidak mensyukurinya
  10. Kalian setiap kali mengubur jenazah-jenazah tetapi tidak pernah mengambil pelajaran darinya"
Nah, apakah jawaban Ibrahim bin Adham ini ada gunanya buat Anda yang suka berdoa?

Popular posts from this blog

Sariawan dan Vitamin B12

Beberapa hari yang lalu, saya yang kebetulan sedang sariawan diminta teman saya di FKG Unpad yang sedang mencari pasien sariawan, untuk datang ke tempat praktek FKG yang berada di Sekeloa (dekat Dipati Ukur). Awalnya sempat malas, tapi karena saat itu saya sedang tidak ada kerjaan dan FKG tampaknya cukup 'menarik', akhirnya saya memutuskan pergi ke sana. Saya mendaftar jadi pasien di rumah sakit FKG terlebih dahulu, kemudian baru saya diajak ke tempat prakteknya. Saat ditanya apa penyebab sariawan saya, saya tidak ingat. Mulut saya pun kemudian diperiksa. Kaca mulut, sonde, pinset, dll sudah masuk ke mulut saya. Beberapa kali seriawan saya tersentuh. Seorang temannya Gema membantu mencatat data hasil pemeriksaan. Setelah itu, giliran dosennya yang memeriksa mulut saya. Pada bagian akhir sariawan saya diberi suatu obat cair. Pesan dari teman saya untuk memperbanyak minum air dan konsumsi vitamin B12.
Menurut Dosen Gizi dari Departemen Gizi Masyarakat Sumber Daya dan Keluarga, …

Beli Bahan Tekstil dan Jasa Jahit di Bandung

Acara wisuda akan dilaksanakan pada Juli 2012 dan untuk acara tersebut saya memerlukan jas. Saya langsung googling untuk mencari tempat yang menjual jas. Sebelumnya saya sempat berpikir untuk menyewa jas saja namun karena tampaknya jas akan cukup penting nantinya dan harga penyewaan yang umumnya tidak murah maka saya memutuskan membeli. Saya mencari tempat yang menjual jas yang murah di Bandung. Hasilnya beberapa artikel menyebutkan Pasar Baru Bandung menjual berbagai bahan tekstil dan pakaian termasuk jas. Saya langsung membuka Google Maps dan mencari lokasi Pasar Baru Bandung. Berikut adalah lokasi Pasar Baru Bandung.

View Pasar Baru Bandung in a larger map

Setelah mengetahui lokasi tersebut, saya memutuskan pergi sendiri ke Pasar Baru Bandung. Tidak lupa saya menyiapkan GPS berhubung sangat lemah soal arah jalan. Alhasil, setelah sampai di dekat jembatan, sebelum jalan Suniaraja saya sempat mengambil arah yang salah dan akhirnya berputar-putar di daerah sekitar Pasar Baru (Jalan St…

Rangkaian Sensor Infrared dengan Photo Dioda

Keunggulan photodioda dibandingkan LDR adalah photodioda lebih tidak rentan terhadap noise karena hanya menerima sinar infrared, sedangkan LDR menerima seluruh cahaya yang ada termasuk infrared.
Rangkaian yang akan kita gunakan adalah seperti gambar di bawah ini.


Pada saat intensitas Infrared yang diterima Photodiode besar maka tahanan Photodiode menjadi kecil, sedangkan jika intensitas Infrared yang diterima Photodiode kecil maka tahanan yang dimiliki photodiode besar.
Jika tahanan photodiode kecil maka tegangan V- akan kecil. Misal tahanan photodiode mengecil menjadi 10kOhm. Maka dengan teorema pembagi tegangan:
V- = Rrx/(Rrx + R2) x Vcc V- = 10 / (10+10) x Vcc V- = (1/2) x 5 Volt V- = 2.5 Volt
Sedangkan jika tahanan photodiode besar maka tegangan V- akan besar (mendekati nilai Vcc). Misal tahanan photodiode menjadi 150kOhm. Maka dengan teorema pembagi tegangan:
V- = Rrx/(Rrx + R2) x Vcc V- = 150 / (150+10) x Vcc V- = (150/160) x 5 Volt V- = 4.7 Volt
Sekarang kita akan melihat trimp…

How To Use Git in Netbeans

Git is a popular version control application nowadays. Recently I have created a note about its differences with SVN and how to use it in Eclipse. There are many Git client tools. But I just want to show how to use Netbeans built in Git tools. It makes development process easier because it has been integrated with the IDE.
Create Remote Git Repository We need remote Git repository so everyone can store or receive any revision or updated files through the networks. We can setup our own Git server or use public Git server like Github. In this note, I use Github. 1. Create an account in Github and create an empty Git repository
2. Get the remote repository link
Create a New Project in Netbeans and Create Local Git Repository After we have a remote Git repository, we can create a project which will be stored to remote repository. We also need to create local repository before we can push any revision and files to remote repository. 1. Create a project. For example, I create PHP Application…

Beautiful Rain (JDorama)

Saya selalu tertarik dengan film-film inspirasional, baik movie atau pun serial drama. Akhir-akhir ini saya tertarik untuk menonton drama serial jepang. Saya googling dengan keyword "inspirational japan dorama" kemudian saya dapati sejumlah review beberapa film bagus dari sejumlah netizen. 
Salah satu yang kemudian saya tonton adalah Beautiful Rain. Setiap episode film ini selalu membuat saya sangat terharu sampai meneteskan air mata. :' Yah, ini mungkin saja karena saya yang terlalu melankolis. Hahaha.

Ini sedikit review dari saya tentang film ini.

Jahit Jas di Bandung

Saya membuat satu setel jas untuk keperluan wisuda di salah satu tempat penjualan bahan pakaian di Dalem Kaum Plasa. Postingan saya sebelum ini tentang lokasinya dan beberapa informasi tentang toko bahan tekstil di Bandung ada di sini. Hasilnya menurut saya cukup bagus.
Semoga bermanfaat.