Skip to main content

The Biginners (JDorama)

The Biginners, salah satu dorama yang menarik yang mengisahkan perjuangan sekelompok orang yang menempuh pendidikan di akademi kepolisian. Mereka tidak berada di kelas biasa namun mereka berada di sebuah kelas yang disebut S-Class di akademi kepolisian itu. Mereka memiliki latar belakang kehidupan yang tidak biasa dan hal tersebut juga mempengaruhi karakter mereka. Hal inilah yang mungkin menjadikan mereka berada di S-Class.

Berikut cerita singkatnya.
Karakter utama dalam drama ini adalah Shimura Teppei. Dia bercita-cita menjadi polisi karena keinginan  masa kecilnya untuk menjadi seperti ayahnya yang juga polisi dan didukung juga oleh teman baiknya, Ondo. Walau saat dewasa ia tidak menyukai ayahnya, ia tetap ingin menjadi polisi. Sejak kecil, ayahnya pergi meninggalakan ia, adik, dan ibunya setelah melakukan kesalahan menembak saat bertugas.
S-Class sebenarnya adalah kelas yang diperuntukkan bagi calon polisi yang nantinya hanya sebagai cadangan. Polisi dari S-Class dimungkinkan akan tidak memiliki peran penting dalam kepolisian. Menyadari hal tersebut, Teppei bersama teman-temannya pada akhirnya tetap terus berusaha agar menjadi polisi yang terbaik.
Pada awalnya peserta kelas adalah 9 orang, namun satu orang, Ondo, yang merupakan teman Teppei sejak kecil, memutuskan untuk keluar pada masa awal pendidikan karena penyakit yang dideritanya. Hari-hari berlalu dengan berbagai masalah yang banyak terkait dengan persoalan pribadi masing-masing. Mulai dari masalah sulit memiliki teman, mantan kriminal di masa muda, pacar, gender, dan bisnis orang tua yang akan bankrut. Sementara Teppei punya masalah lain, tekanan malah muncul dari pimpinan akademi, mantan partner ayahnya ketika masih bertugas, yang berusaha agar Teppei tidak menjadi polisi.
Kelas S-Class mendapat berbagai tantangan di akedemi. Pada episode awal, 2 orang dari kelas S-Class diberi kesempatan untuk berada di kelas reguler. Orang yang kemudian diberi hak adalah Tachibana (mantan kriminal) dan Fukuhara (perempuan yang pernah ikut akademi militer). Fukuhara pada akhirnya menolak tawaran setelah mendapatkan jawaban atas masalah pribadinya. Kemudian Tachibana pindah ke kelas reguler namun mendapat tekanan dari ketua kelas dan instruktur di kelas barunya yang meragukan mantan kriminal dapat menjadi polisi. Beberapa hari kemudian Teppei juga dipindah ke kelas reguler atas perintah pimpinan akademi. Namun, pada akhirnya Teppei dan Tachibana kembali ke kelas S-Class.
Ada juga kejuaraan olahraga yang terdiri dari kendo, lari, dan judo dengan kelas reguler. Jika kelas S-Class kalah maka peserta kelas akan dikeluarkan dari akademi.
Pada episode akhir, pimpinan akademi masih berusaha mempengaruhi Teppei dengan menyatakan bahwa Teppei lebih layak menjadi seorang atlet dibanding seorang polisi. Ia mengikutsertakan Teppei dalam pelatihan atletik untuk mengikuti kejuaraan lari. Teppei menjadi juara pertama dalam kejuaraan itu namun ia akhirnya tetap memilih menjadi polisi. Setelah 10 bulan, 8 orang yang ada di S-Class berhasil dilantik menjadi polisi.

Popular posts from this blog

Beli Bahan Tekstil dan Jasa Jahit di Bandung

Acara wisuda akan dilaksanakan pada Juli 2012 dan untuk acara tersebut saya memerlukan jas. Saya langsung googling untuk mencari tempat yang menjual jas. Sebelumnya saya sempat berpikir untuk menyewa jas saja namun karena tampaknya jas akan cukup penting nantinya dan harga penyewaan yang umumnya tidak murah maka saya memutuskan membeli. Saya mencari tempat yang menjual jas yang murah di Bandung. Hasilnya beberapa artikel menyebutkan Pasar Baru Bandung menjual berbagai bahan tekstil dan pakaian termasuk jas. Saya langsung membuka Google Maps dan mencari lokasi Pasar Baru Bandung. Berikut adalah lokasi Pasar Baru Bandung.

View Pasar Baru Bandung in a larger map

Setelah mengetahui lokasi tersebut, saya memutuskan pergi sendiri ke Pasar Baru Bandung. Tidak lupa saya menyiapkan GPS berhubung sangat lemah soal arah jalan. Alhasil, setelah sampai di dekat jembatan, sebelum jalan Suniaraja saya sempat mengambil arah yang salah dan akhirnya berputar-putar di daerah sekitar Pasar Baru (Jalan St…

Sariawan dan Vitamin B12

Beberapa hari yang lalu, saya yang kebetulan sedang sariawan diminta teman saya di FKG UNPAD yang sedang mencari pasien sariawan, untuk datang ke tempat praktek FKG yang berada di Sekeloa (dekat Dipati Ukur). Awalnya sempat malas, tapi karena saat itu saya sedang tidak ada pekerjaan dan FKG tampaknya cukup 'menarik', akhirnya saya memutuskan pergi ke sana sendiri. Saya mendaftar jadi pasien di rumah sakit FKG terlebih dahulu, kemudian baru saya diajak ke tempat prakteknya. Saat ditanya apa penyebab sariawan saya, saya tidak ingat. Mulut saya pun kemudian diperiksa dan 'diacak-acak'. Kaca mulut, sonde, pinset, dll sudah masuk ke mulut saya. Beberapa kali seriawan saya  tersentuh. Seorang temannya Gema membantu mencatat data hasil pemeriksaan. Setelah itu, giliran dosennya yang memeriksa mulut saya. Pada bagian akhir sariawan saya diberi suatu obat cair. Pesan dari Gema untuk memperbanyak minum air dan konsumsi vitamin B12.
Menurut Dosen Gizi dari Departemen Gizi Masyar…

Rangkaian Sensor Infrared dengan Photo Dioda

Keunggulan photodioda dibandingkan LDR adalah photodioda lebih tidak rentan terhadap noise karena hanya menerima sinar infrared, sedangkan LDR menerima seluruh cahaya yang ada termasuk infrared.
Rangkaian yang akan kita gunakan adalah seperti gambar di bawah ini.


Pada saat intensitas Infrared yang diterima Photodiode besar maka tahanan Photodiode menjadi kecil, sedangkan jika intensitas Infrared yang diterima Photodiode kecil maka tahanan yang dimiliki photodiode besar.
Jika tahanan photodiode kecil maka tegangan V- akan kecil. Misal tahanan photodiode mengecil menjadi 10kOhm. Maka dengan teorema pembagi tegangan:
V- = Rrx/(Rrx + R2) x Vcc V- = 10 / (10+10) x Vcc V- = (1/2) x 5 Volt V- = 2.5 Volt
Sedangkan jika tahanan photodiode besar maka tegangan V- akan besar (mendekati nilai Vcc). Misal tahanan photodiode menjadi 150kOhm. Maka dengan teorema pembagi tegangan:
V- = Rrx/(Rrx + R2) x Vcc V- = 150 / (150+10) x Vcc V- = (150/160) x 5 Volt V- = 4.7 Volt
Sekarang kita akan melihat trimp…

How To Use Git in Netbeans

Git is a popular version control application nowadays. Recently I have created a note about its differences with SVN and how to use it in Eclipse. There are many Git client tools. But I just want to show how to use Netbeans built in Git tools. It makes development process easier because it has been integrated with the IDE.
Create Remote Git Repository We need remote Git repository so everyone can store or receive any revision or updated files through the networks. We can setup our own Git server or use public Git server like Github. In this note, I use Github. 1. Create an account in Github and create an empty Git repository
2. Get the remote repository link
Create a New Project in Netbeans and Create Local Git Repository After we have a remote Git repository, we can create a project which will be stored to remote repository. We also need to create local repository before we can push any revision and files to remote repository. 1. Create a project. For example, I create PHP Application…

Beautiful Rain (JDorama)

Saya selalu tertarik dengan film-film inspirasional, baik movie atau pun serial drama. Akhir-akhir ini saya tertarik untuk menonton drama serial jepang. Saya googling dengan keyword "inspirational japan dorama" kemudian saya dapati sejumlah review beberapa film bagus dari sejumlah netizen. 
Salah satu yang kemudian saya tonton adalah Beautiful Rain. Setiap episode film ini selalu membuat saya sangat terharu sampai meneteskan air mata. :' Yah, ini mungkin saja karena saya yang terlalu melankolis. Hahaha.

Ini sedikit review dari saya tentang film ini.