Skip to main content

Mencintai Manusia

Ini adalah hal yang disampaikan pada kutbah Jumat hari ini yang disampaikan di masjid Salman ITB oleh seseorang yang saya lupa namanya yang tampaknya adalah staf pengajar di ITB juga. Sebelum membahas mengenai mencintai manusia, pada sholat jumat hari ini ada yang berbeda dari biasanya. Muadzin adalah seorang anak kecil (sekitar 5 tahun) asal Mesir yang pada umur 4,5 tahun sudah hafiz Al-Quran namun saya tidak memperhatikan siapa namanya. Setelah jumatan pun Masjid Salman mengadakan acara bincang-bincang dengan anak tersebut tapi saya tidak ikut.

Ok, beberapa poin yang saya tangkap selama ceramah yang intinya tentang mencintai manusia.

Pertama, khotib berpesan agar umat muslim seharusnya adalah umat yang penuh kasih. Saat ini kata-kata kasih terhadap sesama lebih sering melekat kepada umat Nasrani, sementara media kebanyakan lebih mengaitkan Islam dengan kekerasan. Mari kita lihat beberapa dasar hukum Islam tentang kasih.

Barangsiapa yang tiada mengasihi manusia maka Allah-pun tiada mengasihinya!” (Kanz al-‘Ummal, hadits ke : 5972)
Diriwayatkan oleh Baihaqi melalui Anas ra. Nabi SAW bersabda, "Tidak akan masuk surga kecuali orang yang penyayang."
Sesungguhnya Allah itu Maha Penyayang dan menyayangi orang-orang yang memiliki kasih sayang dan Dia melimpahkan Rahmat-Nya atas orang-orang yang memiliki kasih sayang” (Kanz al-‘Ummal hadits ke : 10381)
Sesungguhnya kasih sayang itu cabang (penghubung) kepada Allah SWT. Barang siapa yang menyambungnya, maka Allah akan menyambung (kasih sayang-Nya) dengannya. Dan barang siapa yang memutuskannya, maka Allah akan memutus (kasih sayang-Nya) dengannya.” (HR. Bukhori)


Dan masih banyak sebenarnya dalil tentang kasih dalam Islam.

Kedua, khotib menekankan tentang kebermanfaatan seseorang terhadap manusia lain dan lingkungan.

Sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi orang lain.” (HR. Ad-Daraquthni dan Ath-Thabarani)

Ketiga, umat muslim haruslah senang memudahkan urusan orang lain. Jika kita lihat negara ini yang sebagian besar adalah muslim tapi kok banyak orang yang senang mempersulit misalnya urusan birokrasi dengan pemerintah atau administrasi di kampus. Contohnya mengurus urusan sipil prosesnya lambat jika tidak ada uang tambahan atau staf administrasi yang tidak ada di tempat pada jam kerja sehingga orang yang memiliki keperluan harus menunggu. Jika Anda menanyakan apa agama pegawai sipil itu atau staf administrasi itu kemungkinan besar muslim karena memang warga muslim sangat banyak di Indonesia. Ya begitulah, Anda dapat mengatakan muslim di Indonesia buruk tapi bukan Islam. Islam adalah ajaran yang berdasarkan alquran dan hadist sementara muslim adalah orangnya. Jika ingin menilai Islam, bacalah alquran dan hadist.

"Siapa yang menyelesaikan kesulitan seorang mu’min dari berbagai kesulitan2 dunia, Allah akan menyelesaikan kesulitan2nya di hari kiamat. Dan siapa yang memudahkan orang yang sedang kesulitan niscaya akan Allah mudahkan baginya di dunia dan akhirat." (HR. Muslim)

Keempat, muslim haruslah senang menolong.

"Setiap persendian manusia diwajibkan untuk bersedekah setiap harinya mulai matahari terbit. Berbuat adil antara dua orang adalah sedekah. Menolong seseorang naik ke atas kendaraannya atau mengangkat barang-barangnya ke atas kendaraannya adalah sedekah. Berkata yang baik adalah sedekah. Begitu pula setiap langkah berjalan untuk menunaikan shalat adalah sedekah. Serta menyingkirkan suatu rintangan dari jalan adalah sedekah." (HR. Bukhari)
"Jika kalian berbuat baik, sesungguhnya kalian berbuat baik bagi diri kalian sendiri." (QS. 17:7)
"Maka barangsiapa yang mengerjakan kebaikan sebesar dzarrah-pun, ia akan mendapatkan balasannya." (QS. Al Zalzalah:7)







Comments

  1. nama anak kecil itu salah satunya yazid kata temen gw ki, sayang banget gw ga liat.
    eh btw, bikin blognya pake apa ini ki ? wordpress jg kah ?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kerusakan pada Motherboard

1. Sering terjadi hang memory tidak cocok --- ganti memory ada virus di harddisk --- scan harddisk over clock --- seting kembali clock prosesor ada bad sector di harddisk --- partisi harddisk dengan benar 2. Pembacaan data menjadi lambat memori tidak cukup --- tambah memori harddisk penuh atau ada virus --- kurangi isi harddisk, scan harddisk, atau ganti hardisk 3. CMOS failure baterai habis --- ganti baterai CMOS seting BIOS berubah --- seting kembali BIOS 4. Tidak bisa booting cache memory rusak --- disable eksternal cache memory di BIOS memori tidak cocok --- ganti memori boot sector pada harddisk rusak --- masukkan operating system baru ada bad sector pada trek awal harddisk --- partisi harddisk 5. Suara bip panjang berkali-kali memori rusak --- periksa kedudukan memori memori tidak cocok --- ganti memori memori tidak masuk slot dengan sempurna --- periksa kembali kedudukan memori 6. Suara bip bagus tetapi tidak ada tampilan / bip dua kali VGA card

Setting Up Next.js Project With ESLint, Typescript, and AirBnB Configuration

If we initiate a Next.js project using the  create-next-app tool, our project will be included with ESLint configuration that we can apply using yarn run lint . By default, the tool installs eslint-config-next and extends next/core-web-vitals in the ESLint configuration. The Next.js configuration has been integrated with linting rules for React and several other libraries and tools. yarn create next-app --typescript For additional configuration such as AirBnB, it is also possible. First, we need to install the peer dependencies of eslint-config-airbnb . We also add support for Typescript using eslint-config-airbnb-typescript . yarn add --dev eslint-config-airbnb eslint-plugin-import eslint-plugin-jsx-a11y eslint-plugin-react eslint-plugin-react-hooks yarn add --dev eslint-config-airbnb-typescript @typescript-eslint/eslint-plugin @typescript-eslint/parser After that, we can update the .eslintrc.json file for the new configuration. { "extends": [ "airb

Utilizing Worker Thread in Node.js

The worker thread module has already become a stable module on Node.js version 12. This module enables us to run multiple Node.js processes in parallel using thread. In the past, we couldn't do this easily. We probably ended up utilizing cluster or spawning child process. The difference in utilizing thread is that we have shareable resources (memory). The main and its child threads can communicate and pass the operation results directly with a concept of message passing. Child thread is usually used for distributing computation load in an application. The main thread may migrate a certain process to a child thread which is run a computational-expansive and asynchronous process. For instance, the following code shows how we can create a worker thread for a file reading process then send the result to the main thread. // module.js const { Worker, isMainThread, parentPort, workerData } = require('worker_threads'); if (isMainThread) { // if it is accessed as main threa

Rangkaian Sensor Infrared dengan Photo Dioda

Keunggulan photodioda dibandingkan LDR adalah photodioda lebih tidak rentan terhadap noise karena hanya menerima sinar infrared, sedangkan LDR menerima seluruh cahaya yang ada termasuk infrared. Rangkaian yang akan kita gunakan adalah seperti gambar di bawah ini. Pada saat intensitas Infrared yang diterima Photodiode besar maka tahanan Photodiode menjadi kecil, sedangkan jika intensitas Infrared yang diterima Photodiode kecil maka tahanan yang dimiliki photodiode besar. Jika  tahanan photodiode kecil  maka tegangan  V- akan kecil . Misal tahanan photodiode mengecil menjadi 10kOhm. Maka dengan teorema pembagi tegangan: V- = Rrx/(Rrx + R2) x Vcc V- = 10 / (10+10) x Vcc V- = (1/2) x 5 Volt V- = 2.5 Volt Sedangkan jika  tahanan photodiode besar  maka tegangan  V- akan besar  (mendekati nilai Vcc). Misal tahanan photodiode menjadi 150kOhm. Maka dengan teorema pembagi tegangan: V- = Rrx/(Rrx + R2) x Vcc V- = 150 / (150+10) x Vcc V- = (150/160) x 5

Refund Tiket Kereta Api

Pada Desember 2013 saya telah berencana untuk pergi ke Kebumen dari Bandung menggunakan kereta api. Namun karena ada tugas yang mendesak maka saya membatalkan rencana tersebut. Tiket saya beli secara online. Pada waktu itu peraturan pembatalan pembelian tiket adalah 1 jam sebelum keberangkatan. Saya mengajukan pembatalan pada satu hari sebelum keberangkatan. Langkah-langkah pengajuan refund adalah seperti berikut. Jika Anda membeli tiket secara online, cetaklah tiket Anda terlebih dahulu di stasiun. Untuk stasiun Bandung lokasi pencetakan tiket di dekat loket Costumer Service. Pencetakan dilakukan sendiri (self service) menggunakan perangkat komputer yang disediakan dengan memasukkan kode booking pada aplikasi yang ada. Setelah itu Anda dapat bertanya pada petugas di mana loket untuk pengajuan refund. Untuk stasiun Bandung loket untuk pengajuan refund saat itu berada di loket terakhir yaitu loket 9.  Setelah menunjukkan tiket maka kita diminta mengisi formulir pengajuan pembatalan.

Fibonacci In Javascript Using Generator Function and Iterable

Generating the Fibonacci sequence is usually demonstrated in computer science courses to show an implementation of a recursive function. Besides the recursive function, we can utilize the generator function in Javascript for generating the sequence. Let us take a look at a few methods that we can perform. For instance, we will create some functions to get the value of a certain position in the Fibonacci sequence. Then, we will measure up the performance to get solid ground on what we should choose in our application. Recursive Function This is the simplest method for getting the value in the sequence. We use 1, not 0, as starting position to make this function more human. function getFibonacci1(pos) { if (pos === 1) { return 0; } if (pos === 2) { return 1; } return getFibonacci1(pos - 1) + getFibonacci1(pos - 2); } Generator Function In this method, we create a generator function for generating sequence and the actual function for providing the result. The