Skip to main content

Keraguan

Artikel kali ini saya buat terinspirasi dan didasari isi khotbah yang disampaikan Pak Agus Syihabudin pada Jumat, 17 Agustus 2012, di masjid Salman ITB. Pak Agus adalah dosen agama Islam di ITB yang sempat mengajar saya sewaktu saya mengambil mata kuliah agama. Seperti kebiasaannya saat mengajar di kelas, saat khotbah pun beliau sempat menyelipkan nasihat-nasihat tentang jodoh. Saat itu beliau menyampaikan perkataan yang kurang lebih seperti berikut. 
"Implikasi dari keraguan ada 3 macam. Ada yang ringan, sedang, dan berat. Salah satu implikasi dari keraguan yang bersifat sedang adalah ketika Anda ragu dalam memilih jodoh." (sambil tampak sedikit tersenyum)
OK, yang di atas bukan hal utama yang ingin saya sampaikan. Menurut beliau keraguan adalah sifat alami yang sering muncul dalam diri setiap manusia. Kita semua pernah mengalami keraguan dalam berbagai hal. Implikasi atau akibat dari keraguan ada berbagai macam. Ada yang bersifat ringan, sedang, dan berat. Contoh akibat yang sifatnya ringan adalah ketika kita ragu dalam memilih satu jawaban dalam soal pilihan ganda saat UTS. Jika kita ragu dalam menjawab, lalu membuat jawaban kita akhirnya menjadi salah, akibatnya hanya nilai ujian kita yang menjadi turun. Contoh akibat yang bersifat sedang adalah ketika kita ragu dalam memilih jodoh. Sedangkan akibat yang berat contohnya adalah ketika pemimpin yang ragu dalam mengambil keputusan yang dampaknya tidak hanya diterima oleh sang pemimpin tapi juga masyarakat yang dipimpinnya.
Menurut beliau ada tiga hal keraguan yang dilarang dalam diri kita selaku pemeluk agama Islam. Keraguan tersebut adalah keraguan terhadap tiga hal berikut.

1. Al-Quran
2. Hari Kiamat
3. Kematian


Dalam Al-Quran, Allah menegaskan sebanyak tiga kali pernyataan untuk tidak ragu pada Al-Quran sebagai firman Tuhan. Sebenarnya sudah banyak informasi tentang keajaiban Al-Quran yang menunjukkan bahwa Al-Quran bukan merupakan buah pemikiran manusia melaikan firman-Nya yang diturunkan melalui Muhammad. Namun, Allah masih menegaskan untuk tidak ragu terhadap Al-Quran di dalam Al-Quran sendiri. Hal ini menunjukkan pentingnya Al-Quran sebagai pedoman yang harus diimani secara sungguh-sungguh tanpa keraguan oleh umat Muslim. Saat ini semakin marak informasi bahwa Al-Quran adalah buah pemikiran Muhammad dan menyebut Islam sebagai Muhammadinism yang disebar oleh pihak-pihak yang tidak senang dengan kebesaran Islam dan berupaya membuat umat muslim ragu terhadap Al-Quran.
Perihal hari kiamat atau hari akhir atau hari pengadilan, Allah menegaskan sebanyak 10 kali dalam sejumlah surat dalam Al-Quran. Hal ini menandakan bahwa Allah sangat menekankan pentingnya keimanan pada hari kiamat dan memposisikan manusia sebagai makhluk yang sangat peragu tentang hari kiamat. Tampaknya hal ini sangat tepat jika kita melihat kondisi sekarang. Semakin banyak manusia yang hanya mementingkan perutnya sendiri dan tidak acuh dengan kebahagiaan orang disekitarnya. Mereka seakan-akan tidak menyadari bahwa akan ada hari kiamat dimana saat itu pula berlangsungnya peradilan yang paling adil yang terjadi dengan kuasa Allah SWT. Jika setiap manusia di bumi sadar dan benar-benar mengimani bahwa nantinya akan ada pertanggung jawaban dari setiap tindakannya tentu saja bumi ini akan menjadi tempat yang sangat nyaman karena setiap manusia akan berusaha keras terus berbuat kebajikan terhadap sesama.
Ketiga adalah tentang kematian, Allah menegaskan pernyataan untuk tidak ragu terhadap kematian hanya satu kali. Hal ini dapat kita pahami karena kematian adalah sesuatu yang secara alamiah kita akui keberadaanya, berbeda dengan hari kiamat yang informasi secara ilmiahnya belum dapat dengan baik kita pahami. Kita setiap saat dapat mendapatkan berita tentang kematian seseorang dan dapat disadari bahwa sebenarnya kita semua sekarang sedang mengantri menuju pintu kematian.
Setiap agama yang bertuhan mengabarkan kepada pemeluknya bahwa surga adalah tempat terindah. Pernahkah kita berpikir seperti apakah sifat manusia yang tinggal di tempat terindah dari yang maha kuasa? Apakah orang-orang yang penuh keserakahan atau orang penuh kemurahan hati dan kepedulian? Apakah orang-orang yang selalu berpikiran kotor atau kah orang-orang yang berpikiran jernih? Apakah orang-orang yang penuh kebencian atau orang-orang yang penuh kedamaian? Semoga kita semua dapat menjadi pribadi yang lebih baik. Amin. 

Comments

Popular posts from this blog

Kerusakan pada Motherboard

1. Sering terjadi hang memory tidak cocok --- ganti memory ada virus di harddisk --- scan harddisk over clock --- seting kembali clock prosesor ada bad sector di harddisk --- partisi harddisk dengan benar 2. Pembacaan data menjadi lambat memori tidak cukup --- tambah memori harddisk penuh atau ada virus --- kurangi isi harddisk, scan harddisk, atau ganti hardisk 3. CMOS failure baterai habis --- ganti baterai CMOS seting BIOS berubah --- seting kembali BIOS 4. Tidak bisa booting cache memory rusak --- disable eksternal cache memory di BIOS memori tidak cocok --- ganti memori boot sector pada harddisk rusak --- masukkan operating system baru ada bad sector pada trek awal harddisk --- partisi harddisk 5. Suara bip panjang berkali-kali memori rusak --- periksa kedudukan memori memori tidak cocok --- ganti memori memori tidak masuk slot dengan sempurna --- periksa kembali kedudukan memori 6. Suara bip bagus tetapi tidak ada tampilan / bip dua kali VGA card

Rangkaian Sensor Infrared dengan Photo Dioda

Keunggulan photodioda dibandingkan LDR adalah photodioda lebih tidak rentan terhadap noise karena hanya menerima sinar infrared, sedangkan LDR menerima seluruh cahaya yang ada termasuk infrared. Rangkaian yang akan kita gunakan adalah seperti gambar di bawah ini. Pada saat intensitas Infrared yang diterima Photodiode besar maka tahanan Photodiode menjadi kecil, sedangkan jika intensitas Infrared yang diterima Photodiode kecil maka tahanan yang dimiliki photodiode besar. Jika  tahanan photodiode kecil  maka tegangan  V- akan kecil . Misal tahanan photodiode mengecil menjadi 10kOhm. Maka dengan teorema pembagi tegangan: V- = Rrx/(Rrx + R2) x Vcc V- = 10 / (10+10) x Vcc V- = (1/2) x 5 Volt V- = 2.5 Volt Sedangkan jika  tahanan photodiode besar  maka tegangan  V- akan besar  (mendekati nilai Vcc). Misal tahanan photodiode menjadi 150kOhm. Maka dengan teorema pembagi tegangan: V- = Rrx/(Rrx + R2) x Vcc V- = 150 / (150+10) x Vcc V- = (150/160) x 5

Refund Tiket Kereta Api

Pada Desember 2013 saya telah berencana untuk pergi ke Kebumen dari Bandung menggunakan kereta api. Namun karena ada tugas yang mendesak maka saya membatalkan rencana tersebut. Tiket saya beli secara online. Pada waktu itu peraturan pembatalan pembelian tiket adalah 1 jam sebelum keberangkatan. Saya mengajukan pembatalan pada satu hari sebelum keberangkatan. Langkah-langkah pengajuan refund adalah seperti berikut. Jika Anda membeli tiket secara online, cetaklah tiket Anda terlebih dahulu di stasiun. Untuk stasiun Bandung lokasi pencetakan tiket di dekat loket Costumer Service. Pencetakan dilakukan sendiri (self service) menggunakan perangkat komputer yang disediakan dengan memasukkan kode booking pada aplikasi yang ada. Setelah itu Anda dapat bertanya pada petugas di mana loket untuk pengajuan refund. Untuk stasiun Bandung loket untuk pengajuan refund saat itu berada di loket terakhir yaitu loket 9.  Setelah menunjukkan tiket maka kita diminta mengisi formulir pengajuan pembatalan.

Itachi Uchiha

The Real Hero of Konoha

Setting Up Next.js Project With ESLint, Typescript, and AirBnB Configuration

If we initiate a Next.js project using the  create-next-app tool, our project will be included with ESLint configuration that we can apply using yarn run lint . By default, the tool installs eslint-config-next and extends next/core-web-vitals in the ESLint configuration. The Next.js configuration has been integrated with linting rules for React and several other libraries and tools. yarn create next-app --typescript For additional configuration such as AirBnB, it is also possible. First, we need to install the peer dependencies of eslint-config-airbnb . We also add support for Typescript using eslint-config-airbnb-typescript . yarn add --dev eslint-config-airbnb eslint-plugin-import eslint-plugin-jsx-a11y eslint-plugin-react eslint-plugin-react-hooks yarn add --dev eslint-config-airbnb-typescript @typescript-eslint/eslint-plugin @typescript-eslint/parser After that, we can update the .eslintrc.json file for the new configuration. { "extends": [ "airb

Pemrograman Paralel dengan CUDA

CUDA ( Compute Unified Device Architecture ) adalah suatu skema yang dibuat oleh NVIDIA agar NVIDIA selaku GPU ( Graphic Processing Unit ) mampu melakukan komputasi tidak hanya untuk pengolahan grafis namun juga untuk tujuan umum. Jadi, dengan CUDA, kita dapat memanfaatkan cukup banyak  processor  yang dimiliki oleh NVIDIA untuk berbagai perhitungan. GPU yang ada  saat ini seperti ATI pun sudah memiliki banyak processor di dalamnya. Pada ATI, skema yang mereka bangun disebut ATI Stream. Saat ini pemrograman paralel menjadi sangat penting karena kebutuhan kemampuan komputasi komputer yang terus meningkat seperti kemampuan multitasking  dan pengolahan grafis yang andal. Metode saat ini dalam peningkatan peforma komputer juga berbeda dengan masa lampau dimana peningkatan clock  dari processor  yang diutamakan. Peningkatan clock  juga dibatasi oleh kemampuan fisik dari perangkat digital yaitu persoalan daya dan panas. Pada 2005 berbagai industri komputer mulai menawakan komputer den