Skip to main content

Sariawan dan Vitamin B12

Beberapa hari yang lalu, saya yang kebetulan sedang sariawan diminta teman saya di FKG Unpad yang sedang mencari pasien sariawan, untuk datang ke tempat praktek FKG yang berada di Sekeloa (dekat Dipati Ukur). Awalnya sempat malas, tapi karena saat itu saya sedang tidak ada kerjaan dan FKG tampaknya cukup 'menarik', akhirnya saya memutuskan pergi ke sana.
Saya mendaftar jadi pasien di rumah sakit FKG terlebih dahulu, kemudian baru saya diajak ke tempat prakteknya. Saat ditanya apa penyebab sariawan saya, saya tidak ingat. Mulut saya pun kemudian diperiksa. Kaca mulut, sonde, pinset, dll sudah masuk ke mulut saya. Beberapa kali seriawan saya tersentuh. Seorang temannya Gema membantu mencatat data hasil pemeriksaan. Setelah itu, giliran dosennya yang memeriksa mulut saya. Pada bagian akhir sariawan saya diberi suatu obat cair. Pesan dari teman saya untuk memperbanyak minum air dan konsumsi vitamin B12.

Menurut Dosen Gizi dari Departemen Gizi Masyarakat Sumber Daya dan Keluarga, Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof Dr Ir Ali Khomsan MS, sariawan terjadi akibat kekurangan vitamin C. "Sariawan terjadi akibat seseorang kurang memedulikan kecukupan vitamin C dan vitamin B12. Kebutuhan vitamin tersebut bisa didapat dari rutinitas mengonsumsi sayur dan buah yang tentunya mengandung vitamin C seperti pepaya, jeruk, dan mangga," papar pria anggota Asosiasi Ahli Gizi, Nutrisi dan Makanan Masyarakat. Sariawan juga identik dengan mitos yang menyebutkan bahwa makanan dengan rasa pedas akan mampu menyembuhkan sariawan. Hal ini juga diamini oleh pakar gizi tersebut. Menurut dia, mengonsumsi makanan yang pedas dapat membantu penyembuhan sariawan. "Sebenarnya bukan rasa pedas yang dapat membantu proses penyembuhan, namun sayur dengan rasa pedas memang memiliki kadar vitamin C dan vitamin B12 yang tinggi. Hal inilah yang mampu mendukung proses penyembuhan sariawan," ucapnya.
Ditanyakan faktor penyebab utama terjadi sariawan, drg. Harmas mengatakan, sampai saat ini belum diketahui penyebab utama sariawan. Namun para ahli menduga banyak hal yang menjadi penyebab timbulnya sariawan ini, antara lain, defisiensi (kekurangan) vitamin B12 dan zat besi. Selain juga kemungkinan terkena infeksi virus dan bakteri sebagai pencetus timbulnya sariawan ini. "Ada pula yang mengatakan bahwa sariawan merupakan reaksi imunologik abnormal pada rongga mulut," ujarnya. Banyak pendapat menyatakan munculnya sariawan karena kurangnya vitamin C. Namun tidak sepenuhnya pendapat tersebut benar. Bukan berarti Anda kekurangan vitamin C bila terkena sariawan. Ada faktor penyebab lain yang lebih berperan yakni stress.

Selama ini orang banyak mengaitkan sariawan dengan kekurangan vitamin C. Namun penelitian baru-baru ini menyoroti kekurangan zat nutrisi lain sebagai salah satu pemicu timbulnya sariawan, yaitu asam folat (vitamin B9) dan vitamin B12.

Peneliti dari University of Connecticut mengumpulkan data tentang pola makan 100 orang yang pernah mengalami sariawan. Setelah diteliti, ternyata asupan vitamin B12 dan folat pada orang-orang tersebut lebih rendah dibandingkan dengan kelompok orang yang mengikuti survey nasional dan tidak pernah mengalami sariawan. Ada beberapa penelitian lain yang juga menemukan hal yang serupa, dan penderita diberikan perawatan untuk mengatasi defisiensi tersebut. Hasilnya, sariawan mengecil atau bahkan menghilang sama sekali.
Asam folat adalah nama lain untuk vitamin B9, dan merupakan elemen penting untuk pembentukan sel darah merah dan mencegah anemia, metabolisme protein, serta pembentukan DNA. Asam folat juga esensial bagi produksi sel, terutama sel kulit, dan juga sangat dibutuhkan bagi ibu hamil. Makanan yang kaya akan folat diantaranya tumbuhan polong seperti kacang tanah dan kacang kedelai, hati sapi, brokoli, dan kembang kol.
Sementara itu vitamin B12 (disebut juga kobalamin) dapat ditemukan pada daging, telur dan produk susu. Kacang kedelai yang difermentasi, rumput laut dan tumbuhan ganggang seperti spirulina juga disebut-sebut sebagai sumber vitamin B12.  Orang yang kekurangan vitamin B12 lebih rentan untuk mengalami masalah tidur, sulit konsentrasi, cepat lelah bahkan mudah depresi.

Ok, setelah empat hari dari rumah sakit gigi, sariawan saya belum sembuh. Saya juga belum mengkonsumsi vitamin B12 dari IPI yang disarankan. Saat ini baru banyak minum air, mengkonsumsi Vitamin C dan larutan penyegar saja. Menurut diagnosis Gema, sariwan saya kemungkinan karena tergigit dan dapat sembuh 2 atau 3 hari lagi.

(foto sariawan saya)

Referensi :
http://weeellen.blogspot.com/2011/10/cara-atasi-sariawan.html
http://nutrindojaya.com/index.php/tips-kesehatan/181-awal-kanker-rongga-mulut-jangan-sepelekan-sariawan-
http://gigi.klikdokter.com/subpage.php?id=&sub=121

Popular posts from this blog

Beli Bahan Tekstil dan Jasa Jahit di Bandung

Acara wisuda akan dilaksanakan pada Juli 2012 dan untuk acara tersebut saya memerlukan jas. Saya langsung googling untuk mencari tempat yang menjual jas. Sebelumnya saya sempat berpikir untuk menyewa jas saja namun karena tampaknya jas akan cukup penting nantinya dan harga penyewaan yang umumnya tidak murah maka saya memutuskan membeli. Saya mencari tempat yang menjual jas yang murah di Bandung. Hasilnya beberapa artikel menyebutkan Pasar Baru Bandung menjual berbagai bahan tekstil dan pakaian termasuk jas. Saya langsung membuka Google Maps dan mencari lokasi Pasar Baru Bandung. Berikut adalah lokasi Pasar Baru Bandung.

View Pasar Baru Bandung in a larger map

Setelah mengetahui lokasi tersebut, saya memutuskan pergi sendiri ke Pasar Baru Bandung. Tidak lupa saya menyiapkan GPS berhubung sangat lemah soal arah jalan. Alhasil, setelah sampai di dekat jembatan, sebelum jalan Suniaraja saya sempat mengambil arah yang salah dan akhirnya berputar-putar di daerah sekitar Pasar Baru (Jalan St…

Rangkaian Sensor Infrared dengan Photo Dioda

Keunggulan photodioda dibandingkan LDR adalah photodioda lebih tidak rentan terhadap noise karena hanya menerima sinar infrared, sedangkan LDR menerima seluruh cahaya yang ada termasuk infrared.
Rangkaian yang akan kita gunakan adalah seperti gambar di bawah ini.


Pada saat intensitas Infrared yang diterima Photodiode besar maka tahanan Photodiode menjadi kecil, sedangkan jika intensitas Infrared yang diterima Photodiode kecil maka tahanan yang dimiliki photodiode besar.
Jika tahanan photodiode kecil maka tegangan V- akan kecil. Misal tahanan photodiode mengecil menjadi 10kOhm. Maka dengan teorema pembagi tegangan:
V- = Rrx/(Rrx + R2) x Vcc V- = 10 / (10+10) x Vcc V- = (1/2) x 5 Volt V- = 2.5 Volt
Sedangkan jika tahanan photodiode besar maka tegangan V- akan besar (mendekati nilai Vcc). Misal tahanan photodiode menjadi 150kOhm. Maka dengan teorema pembagi tegangan:
V- = Rrx/(Rrx + R2) x Vcc V- = 150 / (150+10) x Vcc V- = (150/160) x 5 Volt V- = 4.7 Volt
Sekarang kita akan melihat trimp…

How To Use Git in Netbeans

Git is a popular version control application nowadays. Recently I have created a note about its differences with SVN and how to use it in Eclipse. There are many Git client tools. But I just want to show how to use Netbeans built in Git tools. It makes development process easier because it has been integrated with the IDE.
Create Remote Git Repository We need remote Git repository so everyone can store or receive any revision or updated files through the networks. We can setup our own Git server or use public Git server like Github. In this note, I use Github. 1. Create an account in Github and create an empty Git repository
2. Get the remote repository link
Create a New Project in Netbeans and Create Local Git Repository After we have a remote Git repository, we can create a project which will be stored to remote repository. We also need to create local repository before we can push any revision and files to remote repository. 1. Create a project. For example, I create PHP Application…

Beautiful Rain (JDorama)

Saya selalu tertarik dengan film-film inspirasional, baik movie atau pun serial drama. Akhir-akhir ini saya tertarik untuk menonton drama serial jepang. Saya googling dengan keyword "inspirational japan dorama" kemudian saya dapati sejumlah review beberapa film bagus dari sejumlah netizen. 
Salah satu yang kemudian saya tonton adalah Beautiful Rain. Setiap episode film ini selalu membuat saya sangat terharu sampai meneteskan air mata. :' Yah, ini mungkin saja karena saya yang terlalu melankolis. Hahaha.

Ini sedikit review dari saya tentang film ini.

Jahit Jas di Bandung

Saya membuat satu setel jas untuk keperluan wisuda di salah satu tempat penjualan bahan pakaian di Dalem Kaum Plasa. Postingan saya sebelum ini tentang lokasinya dan beberapa informasi tentang toko bahan tekstil di Bandung ada di sini. Hasilnya menurut saya cukup bagus.
Semoga bermanfaat.