Skip to main content

Sakit

Satu minggu lebih yang lalu saya mengalami demam yang cukup lama dan mengesalkan. Hampir 5 hari demam, dan yang paling parah pada 2 hari awal yang sampai membuat saya tidak bisa tidur. Di hari keempat saya baru ke dokter lalu cek darah dan ternyata obatnya hanyalah paracetamol dan vitamin. Dua hari sebelum ke dokter juga sudah minum itu, artinya saya harus bersabar dan berdoa saja supaya lekas sembuh. Hari Kamis minggu lalu saya sudah sembuh, saat itu pagi harinya saya langsung berangkat ke Garut untuk mengerjakan pekerjaan di Sekda Garut. Saya berpikir tampaknya tidak melakukan apa-apa itu cuma dapat dilakukan ketika sakit.

Ada beberapa hal yang saya amati selama sakit yang saya rasa cukup lama membuang waktu ini. Waktu sakit itu biasanya pikiran-pikiran negatif sangat mudah muncul dan menjadi lebih emosional. Selain itu saya menjadi sering mengingat dosa dan kesalahan yang lalu-lalu. :'( Menyadari hal tersebut, sebaiknya saat sakit kita tetap berpikir yang baik-baik dan sabar karena itu lebih berdampak baik untuk kesembuhan. Selain itu kita harus selalu mensyukuri nikmat sehat dengan bekerja dengan sebaik-baiknya sebelum tiba waktu sakit. Sakit ini pun memberi pembelajaran buat saya.

Lalu, bagaimana sakit menurut Islam. Saya pun mencari artikel-artikel terkait. Menurut artikel ini menyebutkan ada lima keutamaan sakit menurut Islam yaitu sebagai berikut.
  1. Menghapus Dosa
    Hal ini berdasarkan hadist berikut, “Tiada seorang mu’min yang rasa sakit, kelelahan (kepayahan), diserang penyakit atau kesedihan (kesusahan) sampai duri yang menusuk (tubuhnya) kecuali dengan itu Allah menghapus dosa-dosanya” (HR. Bukhari).
  2. Tetap Mendapatkan Pahala Dari Amal Kebaikan Yang Biasa Dilakukannya Diwaktu Sehat
    Rasulullah Saw bersabda:
    “Apabila salah seorang hamba sakit atau bepergian (safar), maka Allah mancatat pahalanya seperti pahala amal yang dikerjakannya sewaktu ia tidak bepergian atau sehat.” (HR. Bukhari).
    Di dalam hadist lain, Rasulullah Saw bersabda yang menguatkan hadits di atas:
    “Apabila seorang hamba sakit sedang dia biasa melakukan suatu kebaikan, maka Allah berfirman kepada malaikat: “Catatlah bagi hamba-Ku pahala seperti yang biasa ia lakukan ketika sehat.” (HR. Abu Hanifah).
  3. Memperoleh Pahala Kebaikan
    Rasulullah Saw bersabda:
    “Tiada seorang muslim tertusuk duri atau yang lebih dari itu, kecuali Allah mencatat baginya kebaikan dan menghapus darinya dosa.” (HR. Bukhari).
    Di dalam hadits lain yang senada tentang ini, Rasulullah Saw bersabda:
    Barangsisapa dikehendaki oleh Allah kebaikan baginya, maka dia (diuji) dengan suatu musibah. (HR. Bukhari).
  4. Memperoleh Derajat Yang Tinggi di Sisi Allah SWT
    Rasulullah saw bersabda:
    “Wabah adalah syahadah (mati syahid) bagi setiap muslim.”(HR. Bukhari)
    Di dalam hadits lain, Rasulullah saw bersabda:
    “Seorang hamba memiliki suatu derajat di surga. Ketika dia tidak dapat mencapainya dengan amal-amal kebaikannya, maka Allah menguji dan mencobanya agar dia dapat mencapai derajat itu.” (HR. Thabrani)
  5. Memperoleh Ganjaran Berupa Surga
    Rasulullah saw bersabda:
    Apabila Aku menguji hamba-Ku dengan membutakan kedua matanya dan dia bersabar, maka Aku ganti kedua matanya itu dengan surga.” (HR. Ahmad).
Ada juga pendapat dari Ibnu Qayyim tentang sakit yaitu,
“Kalau manusia itu tidak pernah mendapat cobaan dengan sakit dan pedih, ia akan menjadi manusia ujub dan takabur. Hatinya menjadi kasar dan jiwanya beku. Oleh karena itu, musibah dalam bentuk apa pun adalah rahmat Allah yang disiramkan kepadanya, akan membersihkan karatan jiwanya dan menyucikan ibadahnya. Itulah obat dan penawar kehidupan yang diberikan Allah untuk setiap orang beriman. Ketika ia menjadi bersih dan suci karena penyakitnya, martabatnya diangkat dan jiwanya dimuliakan, pahalanya pun berlimpah-limpah apabila penyakit yang menimpa dirinya diterimanya dengan sabar dan ridha.“

Menurut artikel ini, ada cara agar sakit yang diderita menjadi karunia dan memiliki hikmah yang tinggi.
Pertama, terimalah segala sesuatu dengan ikhlas. Selalu percaya bahwa segala sesuatu adalah kehendak Allah SWT. "Tidak ada sesuatu musibah pun yang menimpa seseorang kecuali dengan seizin Allah. Dan barang siapa yang beriman kepada Allah, niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu." (QS. At-Taghabun: 11)

Kedua, sabar ketika ditimpa penyakit. Boleh jadi penyakit yang menimpa kita merupakan ujian yang diberikan oleh Allah SWT. sebagai salah satu cara untuk mengetahui kadar keimanan kita. “Sesungguhnya Allah Azza wa jalla jika mencintai suatu kaum, Allah akan memberikan cobaan kepada mereka. Barang siapa yang sabar, maka dia berhak mendapatkan (pahala) kesabarannya. Dan barang siapa marah, maka dia pun berhak mendapatkan (dosa) kemarahannya.” (HR. Ahmad)

Ketiga, berobat. Hal ini merapakan salah satu bentuk ikhtiar jika kita ditimpa penyakit sebab kita tak dianjurkan membiarkan sakit kita bertambah parah tanpa diobati.

Popular posts from this blog

Beli Bahan Tekstil dan Jasa Jahit di Bandung

Acara wisuda akan dilaksanakan pada Juli 2012 dan untuk acara tersebut saya memerlukan jas. Saya langsung googling untuk mencari tempat yang menjual jas. Sebelumnya saya sempat berpikir untuk menyewa jas saja namun karena tampaknya jas akan cukup penting nantinya dan harga penyewaan yang umumnya tidak murah maka saya memutuskan membeli. Saya mencari tempat yang menjual jas yang murah di Bandung. Hasilnya beberapa artikel menyebutkan Pasar Baru Bandung menjual berbagai bahan tekstil dan pakaian termasuk jas. Saya langsung membuka Google Maps dan mencari lokasi Pasar Baru Bandung. Berikut adalah lokasi Pasar Baru Bandung.

View Pasar Baru Bandung in a larger map

Setelah mengetahui lokasi tersebut, saya memutuskan pergi sendiri ke Pasar Baru Bandung. Tidak lupa saya menyiapkan GPS berhubung sangat lemah soal arah jalan. Alhasil, setelah sampai di dekat jembatan, sebelum jalan Suniaraja saya sempat mengambil arah yang salah dan akhirnya berputar-putar di daerah sekitar Pasar Baru (Jalan St…

Sariawan dan Vitamin B12

Beberapa hari yang lalu, saya yang kebetulan sedang sariawan diminta teman saya di FKG UNPAD yang sedang mencari pasien sariawan, untuk datang ke tempat praktek FKG yang berada di Sekeloa (dekat Dipati Ukur). Awalnya sempat malas, tapi karena saat itu saya sedang tidak ada pekerjaan dan FKG tampaknya cukup 'menarik', akhirnya saya memutuskan pergi ke sana sendiri. Saya mendaftar jadi pasien di rumah sakit FKG terlebih dahulu, kemudian baru saya diajak ke tempat prakteknya. Saat ditanya apa penyebab sariawan saya, saya tidak ingat. Mulut saya pun kemudian diperiksa dan 'diacak-acak'. Kaca mulut, sonde, pinset, dll sudah masuk ke mulut saya. Beberapa kali seriawan saya  tersentuh. Seorang temannya Gema membantu mencatat data hasil pemeriksaan. Setelah itu, giliran dosennya yang memeriksa mulut saya. Pada bagian akhir sariawan saya diberi suatu obat cair. Pesan dari Gema untuk memperbanyak minum air dan konsumsi vitamin B12.
Menurut Dosen Gizi dari Departemen Gizi Masyar…

Rangkaian Sensor Infrared dengan Photo Dioda

Keunggulan photodioda dibandingkan LDR adalah photodioda lebih tidak rentan terhadap noise karena hanya menerima sinar infrared, sedangkan LDR menerima seluruh cahaya yang ada termasuk infrared.
Rangkaian yang akan kita gunakan adalah seperti gambar di bawah ini.


Pada saat intensitas Infrared yang diterima Photodiode besar maka tahanan Photodiode menjadi kecil, sedangkan jika intensitas Infrared yang diterima Photodiode kecil maka tahanan yang dimiliki photodiode besar.
Jika tahanan photodiode kecil maka tegangan V- akan kecil. Misal tahanan photodiode mengecil menjadi 10kOhm. Maka dengan teorema pembagi tegangan:
V- = Rrx/(Rrx + R2) x Vcc V- = 10 / (10+10) x Vcc V- = (1/2) x 5 Volt V- = 2.5 Volt
Sedangkan jika tahanan photodiode besar maka tegangan V- akan besar (mendekati nilai Vcc). Misal tahanan photodiode menjadi 150kOhm. Maka dengan teorema pembagi tegangan:
V- = Rrx/(Rrx + R2) x Vcc V- = 150 / (150+10) x Vcc V- = (150/160) x 5 Volt V- = 4.7 Volt
Sekarang kita akan melihat trimp…

How To Use Git in Netbeans

Git is a popular version control application nowadays. Recently I have created a note about its differences with SVN and how to use it in Eclipse. There are many Git client tools. But I just want to show how to use Netbeans built in Git tools. It makes development process easier because it has been integrated with the IDE.
Create Remote Git Repository We need remote Git repository so everyone can store or receive any revision or updated files through the networks. We can setup our own Git server or use public Git server like Github. In this note, I use Github. 1. Create an account in Github and create an empty Git repository
2. Get the remote repository link
Create a New Project in Netbeans and Create Local Git Repository After we have a remote Git repository, we can create a project which will be stored to remote repository. We also need to create local repository before we can push any revision and files to remote repository. 1. Create a project. For example, I create PHP Application…

Beautiful Rain (JDorama)

Saya selalu tertarik dengan film-film inspirasional, baik movie atau pun serial drama. Akhir-akhir ini saya tertarik untuk menonton drama serial jepang. Saya googling dengan keyword "inspirational japan dorama" kemudian saya dapati sejumlah review beberapa film bagus dari sejumlah netizen. 
Salah satu yang kemudian saya tonton adalah Beautiful Rain. Setiap episode film ini selalu membuat saya sangat terharu sampai meneteskan air mata. :' Yah, ini mungkin saja karena saya yang terlalu melankolis. Hahaha.

Ini sedikit review dari saya tentang film ini.