Skip to main content

TUGAS EKONOMI ISLAM : Membebaskan Manusia dari Perbudakan dan Kelaparan


"Dan Kami telah menunjukkan kepada manusia dua jalan. Maka tidakkah sebaiknya ia menempuh jalan yang mendaki lagi sukar? Tahukah kamu apakah jalan yang mendaki lagi sukar itu? (yaitu) melepaskan manusia dari perbudakan, atau memberi makan pada hari kelaparan, (kepada) anak yatim yang ada hubungan kerabat, atau orang miskin yang sangat fakir."
(QS. 90 Al Balad : 10 - 16)

Tugas ekonomi Islam membebaskan manusia dari kelaparan dan perbudakan.
Tujuan ekonomi Islam : membebaskan manusia dari perbuudakan dan kelaparan. Sungguh itu adalah suatu tugas yang amat berat yang harus dijalankan dengan penuh kesabaran dan kasih sayang. Oleh karenanya jarang sekali manusia yang hendak menjalankannya. Padahal Allah berfirman: "Dan Kami telah menunjukkan kepadanya (manusia) dua jalan. Maka tidakkah sebaiknya dia menempuh jalan yang mendaki lagi sukar? Tahukah kamu apakah jalan yang mendaki lagi sukar itu? (yaitu) melepaskan manusia dari perbudakan, atau memberi makan pada hari kelaparan, kepada anak yatim yang ada hubungan kerabat, atau orang miskin yang fakir. Dan dia termasuk orang-orang yang beriman dan saling berpesan untuk bersabar dan saling berpesan untuk berkasih sayang. Mereka itu adalah golongan kanan." (QS. 90 Al Balad : 10-18).

Karena beratnya tugas itu, maka untuk meringankan tugas kita agar kelaparan dan perbudakan dapat hilang Allah menyuruh kita berjuang secara bersama-sama atau berjamaah. Karena tangan Allah berada di atas jamaah, maka Allah memotivasi secara rapi. Allah berfirman: "Dan tolong menolonglah kamu dalam mengerjakan kebaikan dan takwa, dan jangan tolong menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya." (QS. 5 Al Maidah : 2)
"Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berjuang di jalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh." (QS. 61 Ash Shaf : 4)

Perbudakan kemiskinan dan penyebabnya
Perbudakan adalah perbuatan seseorang atau sekelompok orang kepada seorang atau sekelompok oran glainnya yang kurang menyenangkan. Sehingga menyebabkan sesorang menjadi tidak merdeka dalam menentukan jalan hidupnya. Karena dia berada di bawah kekuasaan orang/kelompok lain yang umumnya dapat berbuat semena-mena, karena drinya dianggap sudah menjadi milik orang itu.

Banyak sebab yang menyebabkan terjadinya perbudakan, seperti lahirnya tawanan akibat kalah dalam berperang, penculikan atau karena lainnya. Tidak hanya itu, penjualan anak-anak yang menjadi tanggungan orangtaunya juga dapat melahirkan terjadinya perbudakan, bahkan sebagainya mereka menganggap para petani sebagai budak belian.

Adapun kata miskin berasal dari kata Arab yang menyatakan kefakiran yang amat sangat. Allah Swt. menggunakan istilah itu dalam firman-Nya: "atau orang miskin yang sangat fakir"(QS. 90 Al Balad : 16). Sedangkan kata fakir berasal dari kata al-fakru yang berarti membutuhkan (al-ihtiyaaj). Allah Swt. berfirman : "lalu dia berdoa, 'Ya Rabbi, sesungguhnya aku sangat membutuhkan suatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku" (QS. 28 Al Qashash : 24).

Syekh An-Nabhani menyatakan, orang fakir adalah orang yang mempunyai harta(uang), tetapi hartanya itu tidak mencukupi kebutuhan pembelanjaan sehari-hari. Sedangkan orang miskin adalah orang yang tidak mempunyai harta (uang), sekaligus tidak mempunyai penghasiln. (Nidzamul Iqtishadi fil Islam, halaman 236, Darul Ummah-Beirut). Pembedaan kategori ini tepat untuk menjelaskan pengertian dua pos mustahiq zakat, yakni al-fuqara (orang-orang fakir) dan al-masakiin (orang-orang miskin) sebagaiman firman-Nya dalam QS.9 at-Taubah:80.

Namun pengertian orang miskin bukanlah orang yang suka berkeliling meminta-minta kepada manusia seperti digambarkan oleh Rasulullah saw : "(orang miskin) bukanlah orang yang suka berkeliling meminta-minta kepada manusia, lalu ia diberikan sesuap, dua suap, sebuah dan dua buah kurma. Para sahabat bertanya: "Kalau begitu, siapakah orang miskin itu wahai Rasulullah?" Rasulullah saw. bersabda:"Orang miskin adalah orang yang sudah berusaha bekerja tetapi dia tidak menemukan harta yang mencukupi tetapi orang-orang tidak tahu, lalu ia memperoleh sedekah tanpa meminta sesuatu pun kepada manusia"(HR Muslim)

Alhumami (2009) menyatakan :"Banyak ragam pendapat mengenai penyebab kemiskinan. Namun secara garis besar dapat dikatakan ada tida sebab utama kemiskinan. Pertama, kemiskinan alamiah, yaitu kemiskinan yang disebabkan oleh kondisi alami seseorang, misalnya cacat mental atau fisik, usia lanjut sehingga tidak mampu bekerja, atau sebab lainnya. Kedua, kemiskinan kultural, yaitu kemiskinan yang disebabkan oleh rendahnya kualitas SDM akibat kultur dan pemahaman masyarakat tertentu; misalnya karena malas, tidak produktif, bergantung pada harta warisan, dan lain-lain. Ketiga, kemiskinan struktural, yaitu kemiskinan yang disebabkan oleh kesalahan sistem yang digunakan negara dalam mengatur urusan rakyat.

Semoga kita semua termasuk hamba Allah yang mau menegakkan ekonomi Islam, dengan memilih jalan mendaki lagi sukar: yakni membebaskan manusia dari perbudakan dan kelaparan. Amin.

"Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata: "Ya Rabb-ku, mengapa Engkau tidak menangguhkan kematianku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan akau dapat bersedekah dan akau termasuk orang-orang yang saleh?" Dan Allah sekali-kali tidak akan menangguhkan kematian seseorang apabila telah datang waktu kematiannya. Dan Allah Maha Mengenal apa yang kamu kerjakan."
(QS. 63 Al Munaafiquun : 10-11)



sumber : Jurnal LPES Salman ITB

Popular posts from this blog

Beli Bahan Tekstil dan Jasa Jahit di Bandung

Acara wisuda akan dilaksanakan pada Juli 2012 dan untuk acara tersebut saya memerlukan jas. Saya langsung googling untuk mencari tempat yang menjual jas. Sebelumnya saya sempat berpikir untuk menyewa jas saja namun karena tampaknya jas akan cukup penting nantinya dan harga penyewaan yang umumnya tidak murah maka saya memutuskan membeli. Saya mencari tempat yang menjual jas yang murah di Bandung. Hasilnya beberapa artikel menyebutkan Pasar Baru Bandung menjual berbagai bahan tekstil dan pakaian termasuk jas. Saya langsung membuka Google Maps dan mencari lokasi Pasar Baru Bandung. Berikut adalah lokasi Pasar Baru Bandung.

View Pasar Baru Bandung in a larger map

Setelah mengetahui lokasi tersebut, saya memutuskan pergi sendiri ke Pasar Baru Bandung. Tidak lupa saya menyiapkan GPS berhubung sangat lemah soal arah jalan. Alhasil, setelah sampai di dekat jembatan, sebelum jalan Suniaraja saya sempat mengambil arah yang salah dan akhirnya berputar-putar di daerah sekitar Pasar Baru (Jalan St…

Sariawan dan Vitamin B12

Beberapa hari yang lalu, saya yang kebetulan sedang sariawan diminta teman saya di FKG UNPAD yang sedang mencari pasien sariawan, untuk datang ke tempat praktek FKG yang berada di Sekeloa (dekat Dipati Ukur). Awalnya sempat malas, tapi karena saat itu saya sedang tidak ada pekerjaan dan FKG tampaknya cukup 'menarik', akhirnya saya memutuskan pergi ke sana sendiri. Saya mendaftar jadi pasien di rumah sakit FKG terlebih dahulu, kemudian baru saya diajak ke tempat prakteknya. Saat ditanya apa penyebab sariawan saya, saya tidak ingat. Mulut saya pun kemudian diperiksa dan 'diacak-acak'. Kaca mulut, sonde, pinset, dll sudah masuk ke mulut saya. Beberapa kali seriawan saya  tersentuh. Seorang temannya Gema membantu mencatat data hasil pemeriksaan. Setelah itu, giliran dosennya yang memeriksa mulut saya. Pada bagian akhir sariawan saya diberi suatu obat cair. Pesan dari Gema untuk memperbanyak minum air dan konsumsi vitamin B12.
Menurut Dosen Gizi dari Departemen Gizi Masyar…

Rangkaian Sensor Infrared dengan Photo Dioda

Keunggulan photodioda dibandingkan LDR adalah photodioda lebih tidak rentan terhadap noise karena hanya menerima sinar infrared, sedangkan LDR menerima seluruh cahaya yang ada termasuk infrared.
Rangkaian yang akan kita gunakan adalah seperti gambar di bawah ini.


Pada saat intensitas Infrared yang diterima Photodiode besar maka tahanan Photodiode menjadi kecil, sedangkan jika intensitas Infrared yang diterima Photodiode kecil maka tahanan yang dimiliki photodiode besar.
Jika tahanan photodiode kecil maka tegangan V- akan kecil. Misal tahanan photodiode mengecil menjadi 10kOhm. Maka dengan teorema pembagi tegangan:
V- = Rrx/(Rrx + R2) x Vcc V- = 10 / (10+10) x Vcc V- = (1/2) x 5 Volt V- = 2.5 Volt
Sedangkan jika tahanan photodiode besar maka tegangan V- akan besar (mendekati nilai Vcc). Misal tahanan photodiode menjadi 150kOhm. Maka dengan teorema pembagi tegangan:
V- = Rrx/(Rrx + R2) x Vcc V- = 150 / (150+10) x Vcc V- = (150/160) x 5 Volt V- = 4.7 Volt
Sekarang kita akan melihat trimp…

How To Use Git in Netbeans

Git is a popular version control application nowadays. Recently I have created a note about its differences with SVN and how to use it in Eclipse. There are many Git client tools. But I just want to show how to use Netbeans built in Git tools. It makes development process easier because it has been integrated with the IDE.
Create Remote Git Repository We need remote Git repository so everyone can store or receive any revision or updated files through the networks. We can setup our own Git server or use public Git server like Github. In this note, I use Github. 1. Create an account in Github and create an empty Git repository
2. Get the remote repository link
Create a New Project in Netbeans and Create Local Git Repository After we have a remote Git repository, we can create a project which will be stored to remote repository. We also need to create local repository before we can push any revision and files to remote repository. 1. Create a project. For example, I create PHP Application…

Beautiful Rain (JDorama)

Saya selalu tertarik dengan film-film inspirasional, baik movie atau pun serial drama. Akhir-akhir ini saya tertarik untuk menonton drama serial jepang. Saya googling dengan keyword "inspirational japan dorama" kemudian saya dapati sejumlah review beberapa film bagus dari sejumlah netizen. 
Salah satu yang kemudian saya tonton adalah Beautiful Rain. Setiap episode film ini selalu membuat saya sangat terharu sampai meneteskan air mata. :' Yah, ini mungkin saja karena saya yang terlalu melankolis. Hahaha.

Ini sedikit review dari saya tentang film ini.